Blue Fire Pointer

Kamis, 04 September 2014

Kerajinan Tas

Tas Cantik Dari Sampah Plastik
Sampah merupakan masalah klasik bagi semua orang terutama masyarakat perkotaan. Semakin padat penduduk maka semakin banyak jumlah sampah plastik yang dihasilkan


Tas dari sampah plastik
Sampah merupakan masalah klasik bagi semua orang terutama masyarakat perkotaan. Semakin padat jumlah penduduk maka semakin banyak jumlah sampah plastik yang dihasilkan. Untuk mencegah terjadinya penumpukan sampah plastik dan mengurangi dampak buruknya, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan . Salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan kembali sampah plastik menjadi sesuatu yang bermanfaat seperti kerajinan tangan.
Kerajinan tangan dengan memanfaatkan sampah plastik jika dikreasikan sedemikian rupa selain dapat menjadi suatu barang yang bermanfaat juga dapat meningkatkan nilai jual sampah plastik itu sendiri. Contoh kerajinan tangan yang dibuat dari sampah plastik adalah tas cantik yang unik dan tidak kalah cantik dengan tas berbahan dasar kain. Berikut ini adalah cara membuat tas cantik dari sampah plastik.
Bahan :
  • 4 kemasan plastik dengan ukuran 450 ml dengan warna dan corang yang senada. (2 buah dipakai untuk sisi depan dan belakang sedangkan yang 2 buah lagi dipakai untuk sisi kanan dan kiri).
  • 50 cm bisban untuk digunakan sebagai tali tas, ukuran lebarnya 3 cm.
  • 1 m bisban yang ukuran lebarnya 2 cm.
  • 4 cm perekat.
  • 30 cm renda dari katun sebagai pemanis tas.
  • Jarum dengan ukuran 16 dan benang jahit berwarna senada dengan plastik.
Cara Pembuatan :
1.   Bersihkan kemasan plastik atau sampah plastik dari segala kotoran. Caranya bisa dengan dilap atau direndam dengan air hangat. Tapi usahakan jangan terlalu panas karena  dapat merusak tekstur plastik.
2.  Gunting 2 buah kemasan plastik dengan ukuran sesuai apa yang diinginkan. Potong kedua kemasan tersebut dengan ukurang yang sama.
3.  Selanjutnya gunting dua kemasan yang lain (untuk dipakai pada bagian sisi dan kanan) menjadi dua bagian dengan lebar 7 cm. Jahit bisban yang telah disiapkan pada sisi lebar masing-masing kemasan yang telah dipotong.
4.  Pasang dan jahit perekat pada bagian dalam sisi depan dan sisi belakang dengan menggunakan mesin jahit.
5.  Pasang dan jahit bisban dengan lebar 3 cm pada bagian permukaan plastik sebagai tali tas (sisi depan dan belakang)
6.  Lalu jahit renda sekaligus untuk pemanis tas sekaligus bisban pada bagian sisi atas kemasan plastik bagian depan dan belakang.
7.  Sambungkan kedua kemasan yang telah dipotong dengan ukuran 7 cm (untuk sisi kanan dan kiri tas) sehingga dapat membentuk lembaran panjang.
8.  Kemudian hubungkan bagian (no.7) dengan lembaran plastik untuk sisi depan dan belakang dengan mesin jahit.
9.  Langkah yang terakhir, pasang bisban pada seluruh tepi tas. Jadilah tas cantik dengan bahan sampah plastik.
Membuat tas cantik sebagai kerajinan tangan dengan berbahan dasar sampah plastik, maka Anda telah mendapatkan dua manfaat sekaligus. Selain Anda memiliki tas cantik, Anda juga telah turut berpartisipasi dalam menyelamatkan lingkungan dari ancaman buruk sampah plastik. Selamat berkreasi di rumah.

Tas Cantik, Kerajinan Tangan Dari Kardus Bekas
Kardus yang sudah tidak terpakai lagi dapat di proses kembali dengan cara didaur ulang kemudian dibuat menjadi sebuah kerajinan tangan yang memiliki nilai jual.

Kardus adalah suatu barang yang biasanya digunakan sebagai bahan untuk melindungi atau mengemas suatu produk selama distribusi dari produsen sampai ke konsumen. Kardus dibuat dari bahan dasar berupa kertas yang mudah rusak. Meskipun begitu, sampah yang dihasilkan dari kardus tetap saja menimbulkan masalah yang dapat mengganggu keindahan dan kebersihan suatu lingkungan.
Sampah kardus sebenarnya dapat dimanfaatkan kembali secara optimal. Kardus yang sudah tidak terpakai lagi dapat di proses kembali dengan cara didaur ulang kemudian dibuat menjadi sebuah kerajinan tangan yang memiliki nilai jual. Salah satu contohnya adalah kerajinan tangan berupa tas cantik yang dibuat dari kardus bekas.
Membuat kerajinan tangan dari kardus bekas sebenarnya memiliki beberapa tujuan, diantaranya adalah memanfaatkan limbah atau sampah yang sudah tidak bermanfaat menjadi benda yang bermanfaat. Mengembangkan kreatifitas dengan membuat kerajinan tangan dari kardus bekas. Untuk memanfaatkan kardus bekas menjadi barang yang bermanfaat, berikut adalah cara pembuatan tas cantik dari kardus bekas:
Alat dan Bahan
1.   Kardus bekas
2.  Tali raffia
3.  Plastik transparan putih
4.  Kertas kado
5.  Jarum kasur
6.  Lem
7.  Gunting
8.  Tali untuk pegangan tas
Cara membuat tas cantik dari kardus bekas
1.   Gunting kardus sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan, dalam contoh ini tas yang dibuat berbentuk persegi panjang.
2.  Setelah di gunting, bungkus sekeliling dinding kardus bagian luar dengan kertas kado sampai rapi.
3.  Lalu, bungkus kembalidengan menggunakan plastic transparan putih agar lebih awet dan tahan lama.
4.  Jahit semua sisi kardus dengan menggunakan tali raffia dan dan jarum kasur.
5.  Setelah semua sisi di jahit, masing-masing sisi kemudian dijadikan satu dengan cara dijahit juga.
6.  Beri lubang untuk pegangan kemudian beri tali.
7.  Jadilah tas cantik, kerajinan tangan dari kardus bekas.

Mulailah berkreasi membuat kerajinan tangan dengan mamanfaatkan kardus bekas di sekitar Anda. Tas cantik dari kardus bekas akan menjadi suatu kerajinan tangan yang berguna dari pada harus melihat tumpukan kardus bekas yang ada disekitar rumah Anda. Selamat mencoba, semoga berhasil dan alangkah indahnya jika kita biasakan membuang sampah pada tempatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar