Blue Fire Pointer

Sabtu, 06 September 2014

Kreatifitas Lain

Kerajinan Tangan Dari Daun Pelepah Pisang Kering

Tangan-tangan kreatiflah yang menjadikan limbah daun kering menjadi kerajinan tangan yang mendatangkan rezeki dan dapat dijadikan sebagai peluang usaha bunga daun pelepah pisang


Sebagain besar masyarakat menganggap daun pelepah pisang kering adalah sampah yang tidak berguna. Bahkan terkadang oleh orang tua dau pelepah pisang kering hanya dibakar begitu saja karena dianggap sampah yang mengotori kebun. Namun kini daun pelepah pisang kering dapat dijadikan sebagai kerajinan tangan yang indah dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Tangan-tangan kreatiflah yang menjadikan limbah daun kering menjadi kerajinan tangan yang mendatangkan rezeki dan dapat dijadikan sebagai peluang usaha.
Kerajinan tangan dari daun pelepah pisang kering merupakan kerajinan tangan yang gampang-gampang susah, yang penting adalah niatnya untuk belajar. Kerajinan tangan dari daun sebaiknya menggunakan daun yang berjatuhan di tanah, mulai dari daun yang berwarna kuning hingga daun yang berwarna cokelat dan benar-benar kering. Berikut ini adalah cara membuat kerajinan tangan dari daun pelepah pisang kering.

Bahan :

1.   Daun pelepah pisang kering.
2.  Straples.
3.  Lidi atau kawat kaku yang panjang.
4.  Kertas kreps warna hijau.
5.  Pylox.

Alat :

1.   Gunting.
2.  Penggaris.
3.  Pulpen.

Cara membuat kerajinan tangan dari daun pelepah pisang kering :

1.   Siapkan daun pelepah pisang yang sudah kering, kemudian buat pola daun pisang dengan menggunakan pulpen. Polanya berbentuk segitiga (pola segitiga ini di buat untuk di jadikan sebagai mahkota bunga). Usahakan membentuk pola menggunakan gunting jangan menggunakan cutter.
2.  Masukkan lidi di tengah pola yang telah dibuat. Kemudian bentuk pola segitiga yang telah dibuat menjadi sebuah kerucut.
3.  Siapkan daun pelepah pisang yang sudah kering, kemudian buat pola daun pisang dengan menggunakan pulpen. Pola yang kedua ini berbentuk oval panjang (pola ini di buat untuk di jadikan kelopak bunga). Buat pola sebanyak 5 buah untuk setangkai bunga.
4.  Ambil 1 buah pola oval lalu buat pola tersebut menjadi agak melengkung seperti daun pada umumnya dengan cara menggesekkan nya dengan penggaris.
5.  Ambil satu pola segitiga yang telah dibentuk menjadi kerucut, kemudian ambil satu pola oval yang sudah melengkung dan selanjutnya di straples di bagian ujung pola melengkung dengan bagian luar kerucut (yang di balik). Lalu ambil lagi pola melengkungnya dan di straples lagi sampai 5 buah. Lalu di pylox sesuai warna bunga.
6.  Untuk mempercantik bunga, masukkan beberapa tangkai bunga dari daun kering ke dalam  vas atau pot, pot bisa juga di buat dari botol air mineral bekas biar lebih unik, dan di warnai dengan pylox.
Itulah proses pembuatan kerajinan tangan dari daun pelepah pisang kering yang dapat menjadi panduan jika Anda tertarik untuk membuatnya. Semoga dapat bermanfaat dan selamat berkreasi.

Kerajinan Cangkang Telur Unik dan Cantik
Di tangan orang-orang yang kreatif dan terampil, limbah kulit telur ternyata bisa dirubah dan disulap menjadi kerajinan tangan yang unik dan cantik.


Telur adalah makanan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Telur menghasilkan limbah yang berupa kulit atau cangkang. Hampir semua orang pasti menganggap remeh kulit telur dan membuangnya begitu saja. Tapi jangan salah, di tangan orang-orang yang kreatif dan terampil, kulit telur akan dirubah dan disulap menjadi kerajinan tangan.
Kerajinan cangkang telur nan unik dan cantik mempunyai berbagai macam motif yang indah. Kulit atau cangkang telur dapat dijadikan sebagai bahan untuk aksesories atau furnitur yang nantinya dapat digunakan sebagai penghias rumah. Kulit telur yang semula hanya sampah, dapat dijadikan kerajinan yang bernilai jutaan dan mampu menyaingi  kerajinan dari bahan material yang lain. Cangkang telur yang biasa digunakan adalah cangkang telur ayam, bebek, dan burung puyuh.

Cara Membuat Kerajinan Dari Cangkang Telur


1.   Sediakan guci atau pot yang berukuran sedang yang belum di cat.
2.  Rendam guci atau pot kedalam air selama 15 menit.
3.  Kemudian angkat guci atau pot dari rendaman lalu keringkan.
4.  Bersihkan kulit telur kemudian potong kecil-kecil sesuai dengan yang diinginkan.
5.  Desain guci atau pot dengan gambar yang diinginkan, gambar dengan menggunakan pensil.
6.  Lem pada bagian yang telah di desain gambar, kemudian langsung tempelkan potongan kulit telur yang telah disiapkan.
7.  Setelah semua bagian yang digambar ditempeli kulit telur, kemudian keringkan.
8.  Setelah kering, kemudian haluskan kulit telur dengan amplas yang lembut.
9.  Setelah penghalusannya rata kemudian lap dengan kain yang sudah dibasahi dengan air.
10.            Guci atau pot siap untuk menjadi hiasan rumah sendiri atau dipasarkan.
Lama waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan kerajianan yang unik ini tergantung pada media dan  tingkat kesulitan dalam mengerjakannya. Kerajinan cangkang telur nan unik dan cantik ini bisa bervariasi kegunaanya, bisa untuk menghias guci, pot tanaman, bingkai foto, jam dinding dll. Barang-barang tersebut cocok digunakan intuk dirumah dengan gaya yang etnik karena tema dari kerajinan ini merupakan budaya Nusantara.

Pot Tanaman Unik Dari Botol Bekas
Daripada botol plastik bekas di rumah Anda dibuang begitu saja, akan lebih berguna jika dimemanfaatkannya sebagai pot bunga.

Apa Anda salah satu dari banyak orang yang senang berkebun? Ada cara baru yang murah tapi unik. Anda bisa menggunakan botol bekas sebagai sarana untuk menanam tanaman sebagai hiasan kebun atau taman yang ada dihalaman rumah sehingga terlihat asri.
Sering kita lihat di dapur penuh dengan botol minuman bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Daripada botol-botol itu dibuang, akan lebih berguna lagi jika kita memanfaatkannya sebagai pot bunga. Botol yang mudah disulap menjadi pot tanaman yang unik adalah botol plastik karena botol plastik mudah dilubangi. Berikut kami informasikan cara mudah membuat pot tanaman unik dari botol bekas.
Bahan Membuat Pot Tanaman Unik
1.   Botol plastik bekas minuman
2.  Pisau atau cutter
3.  Spidol
4.  Solder
5.  Tali rafia/kawat untuk menggantung pot
Cara Membuat Pot Tanaman Unik Dari Botol Bekas
1.   Guntung/lepaskan merek minuman yang masih menempel pada botol plastik bekas
2.  Selanjutnya, beri tanda dengan menggunakan spidol untuk membuat lubang berbentuk “ persegi panjang “ dibagian sisi atas, lubang tersebut gunanya untuk memasukkan media tanah dan tempat menancapkan tanaman yang hendak Anda tanam.
3.  Jangan sampai terlupakan juga untuk membuat lubang kecil-kecil dibagian sisi bawahnya, bisa Anda lakukan dengan menggunakan solder panas agar lebih mudah. Lubang kecil-kecil ini tujuannya untuk sirkulasi udara, tidak jauh beda dengan pot tanaman pada umumnya.
4.  Ikat pot dengan tali rafia atau kawat yang sudah disediakan pada kedua ujung botol untuk memudahkan Anda dalam menggantungnya.
5.  Pot tanaman unik dari botol bekas siap diisi oleh media tanah dan siap untuk ditanami tanaman hias nan indah.
6.  Kemudian gantung pot tanaman pada dinding luar rumah, pagar rumah atau pada pohon yang bisa digantungi pot tanaman.
Itulah salah satu tips untuk mengelola sampah plastil bekas minuman. Cara ini sangat cocok bagi Anda yang tidak mempunyai lahan cukup luas untuk bercocok tanam. Selain bisa memanfaatkan sampah plastik, Anda juga bisa menghemat pengeluaran yang digunakan untuk membeli pot. Jangan tunggu lama lagi, daripada sampah botol plastik bekas dibuang sia-sia lebih baik Anda manfaatkan menjadi pot tanaman yang unik.

Kerajinan Tangan, Bunga Hias Dari Kulit Jagung
Mengubah kulit jagung yang biasanya hanya dibuang sia-sia menjadi kerajinan tangan bunga hias nan cantik mampu dijadikan peluang usaha yang dapat dipelajari.

Kerajinan tangan memiliki banyak macam yang bisa dijadikan hoby ataupun ditekuni sebagai bisnis. Jenis kerajinan tangan biasanya banyak dihasilkan dari tangan-tangan kreatif seorang wanita. Salah satunya adalah membuat kerajinan tangan berupa bunga hias, dalam membuatnya wanita sudah terbukti kehebatannya karena memiliki rasa seni yang tinggi serta didukung oleh ketelatenan dan ketekunan wanita.
Banyak jenis-jenis kerajinan tangan berupa bunga hias yang diperjualbelikan di pasaran. Salah satunya adalah kerajinan bunga hias dari bahan kulit jagung atau biasa dikenal dengan klobot jagung. Mengubah kulit jagung yang biasanya hanya dibuang sia-sia menjadi kerajinan tangan bunga hias nan cantik mampu dijadikan peluang usaha yang dapat dipelajari. Berikut ini adalah cara membuat kerajinan tangan bunga hias dari kulit jagung :
Bahan dan Alat :
1.   Kulit jagung
2.  Gunting
3.  Pewarna atau Wantex
4.  Lem
5.  Kawat
6.  Tempayan 5 buah
7.  Plastik berwarna
Cara Pembuatan :
1.   Pilihlah kulit jagung yang bagus dan sudah dianggap tua atau cukup umur, sekitar 3 bulan.
2.  Kemudian kulit jagung dilepaskan dari buahnya satu persatu sesuai dengan lembarannya.
3.  Untuk lembaran daun yang pertama sampai dengan lembaran yang ketiga sebaiknya dipisahkan karena lembaran tersebut merupakan kulit jagung dengan kualitas yang terbaik.
4.  Kulit jagung yang telah dipilih selanjutnya direbus dengan pewarna atau wantex perebusan selama kurang lebih 1 jam dan sebaiknya dibolak-balik agar warnanya dapat merata.
5.  Setelah itu kulit jagung ditiriskan lalu dikeringkan, cara mengeringkannya sebaiknya jangan dijemur dibawah terik matahari karena kulit jagung dapat menjadi pecah.
6.  Setelah kering, kulit jagung selanjutnya disetrika dengan suhu yang sedang dan jangan terlalu panas.
7.  Lalu kulit jagung dilapis menjadi 2 sebelum akhirnya dipola, hal ini bertujuan agar dalam membentuk pola menjadi kelopak bungan menjadi lebih mudah dan tidak gampang sobek.
8.  Kemudian buat kulit jagung menjadi pola sesuai dengan bentuk yang diinginkan.
9.  Setelah dibentuk menjadi pola lalu diserut sesuai dengan lengkungan yang diinginkan.
10.Untuk langkah yang terakhir, rangkai bahan yang telah dibentuk dan diserut menjadi bentuk bunga.
11. Setelah selesai dirangkai, bunga kemudian diberi tangkai dengan menggunakan karet yang telah dibalut dengan floral tape atau pita. Bunga hias dari kulit jagung siap dipajang disudut rumah Anda.

Itulah cara mengubah kulit jagung yang mulanya hanya sampah menjadi kerajinan tangan bunga hias yang siap menghiasi ruangan rumah Anda. Semoga dapat bermanfaat untuk mengisi waktu luang Anda dirumah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar